TENSES?

APA ITU TENSES?

Hi~

Sobat belajar, yuk kita belajar bareng lagi. Mempelajari lebih banyak ilmu yang pastinya bermanfaat untuk setiap orang terutama kita yang adalah seorang pelajar. Materi apa yang akan kita bahas kali ini ya? Sama seperti yang kita lihat pada judul blog ini, materi yang akan kita bahas yaitu TENSES.

- TENSES -

A. Pengertian dari TENSES

Tenses adalah perubahan bentuk kata kerja berdasarkan keterangan waktu dan sifat kegiatan atau kejadian. Macam-macam tenses yaitu present, past, future, dan past future. Dan macam-macam tersebut kemudian dibagi lagi menjadi 16 tenses. Berikut adalah daftar 16 jenis tenses yang ada :

1.  Simple present 

2. Present continuous tense

3.  Present perfect tense

 4. Present perfect continuous tense

5. Simple past

6. Past continuous tense

7. Past perfect tenses

8. Past perfect continuous tense

9. Simple future

10. Future continuous tense

11. Future perfect tense

12. Future perfect continuous tense

13. Simple past future

14. Past future continuous tense

15. Past future perfect tense

16.  Past future perfect continuous tense

B. Pembahasan

Dari banyaknya macam tenses di atas, kita hanya mempelajari 3 tenses yang paling dasar. Tenses dasar yang akan kita bahas yaitu  Simple present, Simple past, dan Simple future. 

1. Simple Present ( masa kini )

Bentuk tenses yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya digunakan untuk mengungkapkan sebuah fakta, menceritakan suatu kejadian, atau kebiasaan yang terjadi di masa sekarang.

Rumus Simpel Present : 

 (+) = Sub + V1 + Obj

Example : Anna study English

(-) = Sub + Don't/ Doesn't + V1 + Obj

Example : Anna don't study English

(?) = Do/ Does + Sub + V1 + Obj

Example : Do Anna study English ?

2. Simple Past ( masa lampau )

Simpel past merupakan kebalikan dari simple present. Simple past adalah bentuk tenses yang digunakan  untuk menceritakan suatu kejadian, kebiasaan, menyatakan fakta, atau situasi yang terjadi di masa lampau. Tenses ini menggunakan kata kerja bentuk ke-dua atau lampau (verb 2). Kata keterangan waktu yang biasa digunakan dalam tense ini adalah yesterday (kemarin), Two days ago (dua hari yang lalu), dan lainnya. 

Rumus Simpel Past : 

(+) = Sub + V2 + Obj

Example : Anna studied English

(-) = Sub + did not + V1 + Obj

Example : Anna did not study English

(?) = Did + Sub + V1 + Obj

Example : Did Anna study English ? 

3. Simple Future ( masa yang akan datang )

Simple future digunakan untuk menceritakan suatu kejadian yang akan terjadi dimasa yang akan datang.  

 Rumus Simpel Past : 

(+) = Sub + will + V1 + Obj

Example : I will study English with my friend

(-) = Sub + will not + V1 + Obj

Example : I will not study English with my friend

(?) = will + Sub + V1 + Obj

Example : Will Anna study English ? 

C. My Daily Activities 

Sobat belajar!  kan kita dah bahas beberapa jenis simple tense, gimana? mudah bukan. Tiga macam tenses diatas adalah dasar tenses yang wajib kita ketahui. Sebuah cerita "My Daily Activities" atau yang kita kenal sebagai urutan aktivitas dalam satu hari yang selalu kita lakukan. Di bawah adalah contoh "My Daily Activities" yang saya buat...

 - My Daily Activities -

I wake up at 05.00 am in the morning. Then I do sholat subuh. I take a bath after sholat subuh. I put on my clothes and tidy up my appearance. I usually have breakfast at 06.00 am. After that, I go to school at 06.15 am in the morning, with my father and little sister. 30 minute from home to school, I start study at 07.00 am in the morning. In the afternoon, I always have lunch with my friends. And we sholat zuhur together. I finish the study at 15.30 pm, and I do sholat ashar. I arrive home at 17.00 pm. I take a bath in the afternoon. I do sholat magrib and I read Qur'an. I dinner with my family before sholat isya. I do sholat isya at 19.00 pm. I study a little lesson the next day. I sleep at 22.00 pm. Before sleep, I brush my tooth.

 Text di atas merupakan contoh dari penerapan tenses "Simple Present". Sebuah cerita daily activities atau menceritakan kebiasaan kita termasuk dalam Simple Present.

Yap, Sobat belajar. Itu tadi kita sudah membahas, mempelajari, menggali informasi mengenai TENSES. Pastinya sekarang dah tau dong apa itu tenses. Ilmu sesulit apa pun jangan pernah menyerah untuk mempelajarinya, karna ...

"Akar pendidikan itu pahit, tapi buahnya manis." - Aristoteles

 Sekian informasi yang dapat saya berikan. Semoga menjadi manfaat dan pengaruh besar dalam keberhasilan kalian, para sobat belajar. Tetap semangat, jangan menyarah, terus gali ilmu sebanyak-banyaknya, perluas wawasan seluas-luasnya.


thank you for reading-

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mudah paham RECOUNT TEXT

Summative Assessment Phase F for Class XI

Procedure Text